Senin, 18 Februari 2013

aku 2

1
KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
SMK NON TEKNOLOGI
Mata Pelajaran : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
Jumlah soal : 40
Bentuk soal : Pilihan Ganda
Bentuk penilaian : Tertulis
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu mengenal computer dan
perkembangannya.
Ruang Lingkup Materi : Pengertian komputer
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengertian komputer.
No. Soal : 1
Contoh Soal : Alat yang digunakan untuk mengolah data, menggambar, menghitung
dan sebagainya dengan sistem elektronik disebut ....
a. kalkulator
b. komputer
c. mesin tik
d. mesin register
e. simpoa
Kunci : B
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu mengenal computer dan
perkembangannya.
Ruang Lingkup Materi : Pengertian Perkembangan Komputer
Indikator : Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan
perangakat pendukung pengoperasian komputer.
No. Soal : 2
Contoh Soal : Perangkat pendukung yang harus ada dalam pengoperasian komputer
adalah ....
a. Hardware + Software + Banner
b. Software + Banner + Hardware
c. Software + Brainware + Windows
d. Hardware + Software + Brainware
e. Hardware + Software + DOS
Kunci : D
2
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu mengidentifikasi komponendan
perangkat computer.
Ruang Lingkup Materi : Identifikasi komponen-komponen komputer
Indikator : Siswa dapat menentukan salah satu perangkat keras
(hardware) yang digunakan dalam mengoperasikan
komputer.
No. Soal : 3
Contoh Soal : Perangkat komputer yang berfungsi sebagai pusat pemroses data
adalah ....
a. CPU
b. Keyboard
c. Monitor
d. Mouse
e. Printer
Kunci : A
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu mengoperasikan computer dengan
sistim operasi berbasis Windos
Ruang Lingkup Materi : Group windos, struktur derektori dan path
directori, system operasi windos, menyimpan
dokumen/file, mempormat disket, mengcopy
disket/file
Indikator : Siswa dapat menyebutkan perangkat penyimpan
data luar
No. Soal : 4
Contoh Soal : Perangkat komputer yang digunakan sebagai penyimpan data luar
selain Harddisk adalah ....
a. CD - Drive
b. Disk - Drive
c. Disket
d. RAM
e. ROM
Kunci : C
3
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu mengidentifikasi komponendan
perangkat computer.
Ruang Lingkup Materi : Identifikasi Hadware
Indikator : Siswa dapat menentukan salah satu perangkat keras
(hardware) yang digunakan dalam mengoperasikan
komputer.
No. Soal : 5
Contoh Soal : Tombol pada keyboard yang berfungsi untuk membatalkan perintah
adalah ....
a. Backspace
b. Delete
c. Enter
d. Esc
e. Shift
Kunci : D
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu mengidentifikasi komponendan
perangkat computer.
Ruang Lingkup Materi : Identifikasi Hadware
Indikator : Siswa dapat menjelaskan perangkat masukan
computer
No. Soal : 6
Contoh Soal : Salah satu perangkat komputer yang hanya berfungsi untuk
memasukkan data adalah ....
a. kartu pengendali
b. keyboard
c. monitor
d. printer
e. prosesor
Kunci : B
4
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menggunakan program internet
untuk mengakses dan berkomunikasi..
Ruang Lingkup Materi : Model koneksi mengakses internet, pengertian
istilah di internet
Indikator : Siswa dapat menjelaskan pengertian web browser
No. Soal : 7
Contoh Soal : Internet explorer merupakan salah satu ………..
a. E-mail Client
b. Web Server
c. Web Browser
d. Newsgroup
e. Websife
Kunci : C
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menggunakan program internet
untuk mengakses dan berkomunikasi..
Ruang Lingkup Materi : Model koneksi mengakses internet, pengertian
istilah di internet
Indikator : Siswa mampu menyebutkan pengertian istilah di
internet.
No. Soal : 8
Contoh Soal : Fasilitaas ini dapat diaces dengan mengunakan browser dan memungkinkan
anda dapat berdiskusi mengenai topic atau informasi yang menarik dengan orang-orang
diseluruh dunia. Fasilitas yang dimaksud adalah ………….
a. E-mail
b. LAN
c. Web Server
d. WWW
e. Newsgroups
Kunci : E
5
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menggunakan program internet
untuk mengakses dan berkomunikasi..
Ruang Lingkup Materi : Model koneksi mengakses internet, pengertian
istilah di internet
Indikator : Siswa dapat menyebutkan fungsi modem.
No. Soal : 9
Contoh Soal : Untuk menghubungkan komputer dengan jaringan Internet digunakan ....
a. Sound Card
b. Ethernet Card
c. Modem
d. Multi I/O
e. VGA Card
Kunci : C
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu memgoperasikan computer dengan
system operasi berbasis DOS.
Ruang Lingkup Materi : Macam dan Jenis Perintah Internal maupun
External dan system operasi DOS
Indikator : Siswa dapat menjelaskan fungsi ROM.
No. Soal : 10
Contoh Soal : Memory yang hanya bisa dibaca dan bersifat permanen disebut ....
a. ROM
b. RAM
c. CPU
d. Keyboard
e. Harddisk
Kunci : A
6
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu mengidentifikasi komponendan
perangkat computer.
Ruang Lingkup Materi : Identifikasi Software
Indikator : Siswa dapat menentukan salah satu perangkat keras
(hardware) yang digunakan dalam mengoperasikan
komputer.
No. Soal : 11
Contoh Soal : Sejumlah instruksi atau perintah yang tersusun sesuai dengan suatu
urutan pekerjaan tertentu disebut ....
a. konstanta
b. program aplikasi
c. jaringan
d. program
e. sistem operasi
Kunci : D
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu mengidentifikasi komponendan
perangkat computer.
Ruang Lingkup Materi : Aplikasi Software
Indikator : Siswa dapat menjelaskan program Aplikasi.
No. Soal : 12
Contoh Soal : Software yang digunakan untuk keperluan-keperluan tertentu dan
bersifat khusus adalah ....
a. utility program
b. bahasa pemrograman
c. program aplikasi
d. sistem operasi
e. variabel
Kunci : C
7
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu memgoperasikan computer dengan
system operasi berbasis DOS.
Ruang Lingkup Materi : Mengaktifkan computer secara warm boot
Indikator : Siswa dapat menentukan tombol yang digunakan
untuk mengaktifkan komputer dalam kondisi panas
(warm boot)
No. Soal : 13
Contoh Soal : Suatu kondisi/keadaan pengulangan proses pada saat mesin komputer
sedang menyala dilakukan dengan menekan tombol ....
a. Ctrl + Shift + Delete
b. Shift + Alt + Delete
c. Ctrl + Shift + Alt
d. Ctrl + Alt + Delete
e. Ctrl + Alt + Enter
Kunci : D
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu memgoperasikan computer dengan
system operasi berbasis DOS.
Ruang Lingkup Materi : Identifikasi Perintah Internal
Indikator : Siswa dapat menjelaskan fungsi perintah clear
screen
No. Soal : 14
Contoh Soal : Clear Screen yang merupakan perintah langsung dalam DOS
digunakan untuk ....
a. mengubah tampilan
b. memindahkan drive aktif
c. men-copy data
d. membersihkan layar
e. mematikan komputer
Kunci : D
8
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu memgoperasikan computer dengan
system operasi berbasis DOS.
Ruang Lingkup Materi : Identifikasi Perintah Internal
Indikator : Siswa dapat menampilkan isi atau directory suatu
disket.
No. Soal : 15
Contoh Soal : Untuk menampilkan isi disket atau harddisk per halaman layar,
instruksi dalam DOS adalah ....
a. A> DIR (Enter)
b. A> DIR_B: (Enter)
c. A> DIR B:/W/P (Enter)
d. A> DIR /W(Enter)
e. A> DIR /P (Enter)
Kunci : E
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu memgoperasikan computer dengan
system operasi berbasis DOS.
Ruang Lingkup Materi : Identifikasi Perintah Internal dan External
Indikator : Siswa dapat menentukan tampilan versi DOS yang
digunakan
No. Soal : 16
Contoh Soal : Untuk menampilkan versi DOS yang digunakan, perintah yang
diberikan adalah ....
a. A>REM (Enter)
b. A>VOL (Enter)
c. A>VER (Enter)
d. A>Label (Enter)
e. A>Diskcopy (Enter)
Kunci : C
9
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu memgoperasikan computer dengan
system operasi berbasis DOS.
Ruang Lingkup Materi : Identifikasi Perintah Internal dan External
Indikator : Siswa dapat membuat subdirectori di Harddisk atau
disket dalam DOS
No. Soal : 17
Contoh Soal : Dalam DOS, instruksi untuk membuat subdirectori adalah ....
a. A>CD\ (Enter)
b. A>Diskcopy (Enter)
c. A>MD\FISIKA (Enter)
d. A>ND\ Biologi (Enter)
e. A>TYPE\Sejarah (Enter)
Kunci : A
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu memgoperasikan computer dengan
system operasi berbasis DOS.
Ruang Lingkup Materi : Menjelaskan pengertian sintaks
Indikator : Siswa dapat menjelaskan aturan baku dalam
penulisan di komputer
No. Soal : 18
Contoh Soal : Tata cara penulisan perintah yang perlu diketik menurut aturan baku
pada komputerisasi adalah ....
a. insert
b. kursor
c. prompt
d. sintaks
e. system
Kunci : D
10
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu memgoperasikan computer dengan
system operasi berbasis DOS.
Ruang Lingkup Materi : Menjelaskan kondisi kerja komputer.
Indikator : Siswa dapat menjelaskan kondisi kerja komputer.
No. Soal : 19
Contoh Soal : Keadaan dimana komputer berhenti bekerja tanpa suatu sebab yang
jelas saat komputer dalam keadaan aktif, disebut ....
a. Hung
b. Hang
c. Shut Down
d. Restart
e. Editing
Kunci : B
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu memgoperasikan computer dengan
system operasi berbasis DOS.
Ruang Lingkup Materi : Menjelaskan struktur disket
Indikator : Siswa dapat menjelaskan struktur disket
No. Soal : 20
Contoh Soal : Dari struktur disket tersebut di atas yang ditunjukkan oleh huruf P
adalah ....
a. indeks sektor 1
b. sektor
c. track
d. track ∅
e. track 39
Kunci : B
11
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu memgoperasikan computer dengan
system operasi berbasis DOS.
Ruang Lingkup Materi : Menjelaskan tujuan partisi harddisk
Indikator : Siswa dapat menyebutkan menjelaskan tujuan
mempartisi harddisk
No. Soal : 21
Contoh Soal : Membagi harddisk dalam beberapa ruang atau bagian disebut ....
a. format harddisk
b. perawatan harddisk
c. partisi harddisk
d. menghapus harddisk
e. copy harddisk
Kunci : C
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu memgoperasikan computer dengan
system operasi berbasis DOS.
Ruang Lingkup Materi : Perawatan harddisk atau disket
Indikator : Siswa dapat menyebutkan cara merawat harddisk
atau disket
No. Soal : 22
Contoh Soal : Program yang digunakan untuk melacak dan memperbaiki kesalahan
program serta mengetes standard permukaan harddisk atau disket
adalah ....
a. defragmentasi file
b. format
c. back up file
d. scandisk
e. open file
Kunci : D
12
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu mengidentifikasi komponen dan
perangkat komputer
Ruang Lingkup Materi : Menjelaskan uraian tugas operator
Indikator : Siswa mampu membedakan uraian tugas perangkat
manusia (brainware)
No. Soal : 23
Contoh Soal : Orang yang bertugas untuk melaksanakan proses pengolahan data dan
bertanggung jawab dalam pemakaian perangkat keras komputer
disebut ....
a. operator
b. programmer
c. analis
d. teknisi
e. brainware
Kunci : A
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu mengidentifikasi komponen dan
perangkat komputer
Ruang Lingkup Materi : Melakukan perawatan dalam mematikan komputer.
Indikator : Siswa dapat menentukan cara mematikan komputer
yang benar pada sistem operasi komputer.
No. Soal : 24
Contoh Soal : Saat mengakhiri pemakaian windows. Prosedur mematikan komputer
yang benar secara berturut-turut adalah ....
a. klik Shut Down – klik Start – matikan power
b. klik Start – matikan komputer – klik Shut Down
c. klik Start – klik Shut Down – matikan komputer
d. klik Start – klik Shut Down – klik Shut Down
e. klik Start – klik Shut Down – klik Restart
Kunci : D
13
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa memgoperasikan computer dengan system
operasi berbasis Windows
Ruang Lingkup Materi : Mengoperasikan windows
Indikator : Siswa dapat menjelaskan sistem operasi windows
No. Soal : 25
Contoh Soal : Sistem operasi yang disajikan dengan terpilah berbentuk gambar
sehingga lebih mudah, efektif dan efisien disebut ....
a. bahasa program
b. DOS
c. paket program
d. software
e. windows
Kunci : E
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa memgoperasikan computer dengan system
operasi berbasis Windows
Ruang Lingkup Materi : Membuat shortcut
Indikator : Siswa dapat menyebutkan pengertian shortcut
No. Soal : 26
Contoh Soal : Kumpulan program atau satu program eksekusi yang dapat langsung
dibuka atau dijalankan melalui windows, disebut ....
a. desktop
b. folder
c. icon
d. shortcut
e. wallpaper
Kunci : D
14
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa memgoperasikan computer dengan system
operasi berbasis Windows
Ruang Lingkup Materi : Mengaktifkan dan menonaktifkan program di
dalam windows
Indikator : Siswa dapat menentukan tombol untuk membuka
dan menutup program windows
No. Soal : 27
Contoh Soal : Tombol windows yang berfungsi untuk mengawali dan mengakhiri
eksekusi windows adalah ....
a. tombol enter
b. tombol end
c. tombol restart
d. tombol shut down
e. tombol start
Kunci : E
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa memgoperasikan computer dengan system
operasi berbasis Windows
Ruang Lingkup Materi : Menggunakan tombol/gambar perintah dalam
windows
Indikator : Siswa dapat menentukan gambar atau simbol di
dalam windows yang mengandung perintah
tertentu.
No. Soal : 28
Contoh Soal : Lambang atau gambar yang mengandung perintah/eksekusi tertentu,
disebut ....
a. document
b. icon
c. program
d. shortcut
e. seeting
Kunci : B
15
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi
pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Menyebutkan aplikasi program pengolah kata
Indikator : Siswa dapat menyebutkan contoh program pengolah
kata yang dijalankan melalui windows
No. Soal : 29
Contoh Soal : Salah satu software yang bekerja di dalam windows dan sudah
terbukti sangat handal untuk mengerjakan hal-hal yang berhubungan
dengan pengolah kata adalah ....
a. Data Base
b. Lotus
c. MS Access
d. MS Word
e. Wordstar
Kunci : D
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi
pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Mengoperasikan/menjalankan program MS Word
Indikator : Siswa dapat menentukan perintah dalam
mengoperasikan MS Word
No. Soal : 30
Contoh Soal : Perintah awal yang digunakan untuk mengaktifkan program MS Word
adalah ....
a. Start – Program – New
b. Start – Program – MS Word
c. Start – Program – MS Office
d. Start – Program – MS DOS Prompt – File - Open
e. Start – Program – Open – MS Word
Kunci : B
16
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi
pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Menjelaskan fungsi dari bagian-bagian pada lembar
kerja MS Word
Indikator : Siswa dapat menjelaskan fungsi dari bagian-bagian
pada lembar kerja MS Word
No. Soal : 31
Contoh Soal : Tempat judul aplikasi (nama file) dari setiap program yang diaktifkan
melalui microsoft windows disebut ....
a. menu bar
b. ruler bar
c. scroll bar
d. title bar
e. toolbar
Kunci : D
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi
pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Menyimpan naskah/teks/dokumen
Indikator : Siswa dapat menentukan perintah dalam
menyimpan dokumen pada program MS Office.
No. Soal : 32
Contoh Soal : Teks yang telah diketik akan disimpan baik ke dalam disket/harddisk
dengan perintah ....
a. Edit - Copy
b. Edit - Open
c. File - New
d. File - Open
e. File - Save
Kunci : E
17
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi
pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Membuka dokumen lama (file-open)
Indikator : Siswa dapat membuka dokumen lama pada
program MS Office.
No. Soal : 33
Contoh Soal : Dokumen yang sudah tersimpan di dalam disket/harddisk dapat
dibuka kembali dengan perintah ....
a. Edit-Cut
b. Edit-Copy
c. Edit-New
d. File-New
e. File-Open
Kunci : E
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi
pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Menyalin dokumen/teks pada halaman yang
sama/berbeda
Indikator : Siswa dapat menentukan perintah untuk
menyalin/copy dokumen pada halaman yang
sama/yang berbeda
No. Soal : 34
Contoh Soal : Teks yang diketik dapat diperbanyak (duplikasi) pada
halaman/gambar yang sama/berbeda dengan perintah ....
a. edit – copy – edit – paste
b. edit – copy – edit – cut
c. edit – undo – edit – redo
d. edit – copy – edit – undo
e. file – copy – edit – paste
Kunci : A
18
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi
pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Melakukan format teks
Indikator : Siswa dapat menentukan perintah dalam melakukan
perubahanperubahan pada ketikan (efek
pencetakan).
No. Soal : 35
Contoh Soal : Perintah yang digunakan untuk mendapatkan hasil ketikan menjadi
cetak tebal, yaitu ....
a. bold
b. centre
c. font
d. italic
e. justify
Kunci : A
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi
pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Melakukan format teks pada program aplikasi MS
Word.
Indikator : Siswa dapat mengatur letak teks pada program
aplikasi MS Word.
No. Soal : 36
Contoh Soal : Agar hasil naskah yang diketik terlihat rapi, diperlukan pengaturan
dari naskah tersebut. Pengaturan teks di tengah disebut ....
a. align left
b. align right
c. change case
d. centre
e. justify
Kunci : D
19
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi
pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Membuat penomoran pada teks/naskah pada
program aplikasi MS Word.
Indikator : Siswa dapat menentukan perintah dalam membuat
daftar bernomor/bersimbol di dalam naskah/teks
pada program aplikasi MS Word.
No. Soal : 37
Contoh Soal : Daftar bernomor/bersimbol pada sebuah naskah ketikan dapat
ditampilkan/diformat dengan perintah ....
a. format – bullet & numbering
b. format – border & shading
c. format – page number
d. insert – bullet & numbering
e. insert – page number
Kunci : A
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi
pengolah data/angka
Ruang Lingkup Materi : Menjelaskan dasar-dasar dalam sebuah tabel pada
program aplikasi MS Excel.
Indikator : Siswa dapat menentukan istilah pada pertemuan
antara baris dan kolom dari sebuah tabel pada
program aplikasi MS Excel.
No. Soal : 38
Contoh Soal : Pertemuan antara baris dan kolom pada sebuah tabel disebut ....
a. data
b. laporan
c. range
d. sel
e. tabel
Kunci : D
20
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi
pengolah data/angka
Ruang Lingkup Materi : Membedakan data pada program aplikasi MS Excel.
Indikator : Siswa dapat menyebutkan salah satu jenis data pada
program aplikasi MS Excel.
No. Soal : 39
Contoh Soal : Jenis data yang diolah dengan menggunakan operator matematik
adalah ....
a. character
b. numeric
c. strong
d. tunggal
e. variabel
Kunci : B
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi
pengolah data/angka
Ruang Lingkup Materi : Menggunakan formula pada program aplikasi MS
Excel.
Indikator : Siswa dapat menentukan tanda dalam melakukan
perhitungan dengan operator matematis pada MS
Excel
No. Soal : 40
Contoh Soal : Awal penulisan formula/ruang pada MS Excel menggunakan ....
a. *
b. =
c. ?
d. –
e. c
Kunci : B
21
KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
SMK NON TEKNOLOGI
Mata Pelajaran : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
Jumlah soal : 5
Bentuk soal : Uraian
Bentuk penilaian : Tertulis
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu mengenal computer dan
perkembangannya
Ruang Lingkup Materi : Menyebutkan dan menjelaskan perangkat (alat)
masukan (input) komputer
Indikator : Siswa dapat menyebutkan dan menjelaskan
perangkat masukan (input) komputer
No. Soal : 1
Contoh Soal : Sebutkan dan jelaskan 5 (lima) contoh Hardware komputer yang
berfungsi sebagai input yang anda ketahui
Pedoman Penskoran :
No. Kunci Jawaban Skor
22
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu mengoperasikan computer dengan
system operasi DOS dan Windows
Ruang Lingkup Materi : Menjelaskan fungsi perintah operating system di
dalam windows
Indikator : Siswa dapat menjelaskan fungsi perintah operating
system di dalam windows
No. Soal : 2
Contoh Soal : Jelaskan arti dari memberikan perintah berikut ini di dalam sistem
operasi windows!
a. Star – Shut down – Shut down
b. Star – Shut down – Restar
c. Star – Shut down – Restart Ms DOS mode
d. Star – Search - Find
e. Star – Seeting – Control Panel
Pedoman Penskoran :
23
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi
pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Mampu memperbaiki naskah/file melalui program
MS Word
Indikator : Siswa dapat menyebutkan urutan perintah dalam
memperbaiki naskah/teks melalui program MS
Word
No. Soal : 3
Contoh Soal : Urutkan perintah untuk memperbaiki naskah/teks dari kalimat di
bawah ini menjadi:
- Ukuran huruf 16
- Huruf tercetak tebal
- Letak kalimat di tengah
- Kalimat dengan huruf kapital (besar) semua
= Teknik Komputer =
Pedoman Penskoran :
24
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi
pengolah data/angka
Ruang Lingkup Materi : Membuat teks dalam bentuk kolom.
Indikator : Siswa dapat menyebutkan urutan perintah untuk
membuat/memformat teks dalam bentuk kolom
No. Soal : 4
Contoh Soal : Uraikan urutan perintah untuk membuat naskah dengan 3 (tiga) kolom
dan diberikan garis batas antarkolom, melalui program Ms Word
Pedoman Penskoran :
25
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi
pengolah data/angka
Ruang Lingkup Materi : Menghitung menggunakan formula (rumus) pada
progam MS Excel
Indikator : Siswa dapat membuat rumus dengan menggunakan
formula (rumus) pada program aplikasi MS Excel.
Jika diberikan data pada tabel yang diketahui
No. Soal : 5
Contoh Soal :
Pedoman Penskoran :
26
KISI-KISI SOAL UJIAN SEKOLAH
SMK NON TEKNOLOGI
Mata Pelajaran : Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi
Jumlah soal : 1
Bentuk soal : Praktik
Bentuk penilaian : Praktik
Standar Kompetensi Lulusan : Siswa mampu menerapkan program aplikasi
pengolah kata
Ruang Lingkup Materi : Mengerjakan naskah teks dan mengolah angka
dalam mengoperasikan program aplikasi MS Office
Indikator : Siswa dapat menggabungkan 2 program (MS Word
dan MS Excel)
No. Soal : 1
Contoh Soal : Program peningkatan komputer komputerisasi sebagai suatu bentuk
strategi pendidikan dalam meningkatkan keahlian tamatan yang
diharapkan lebih profesional, yang memadukan secara sistematika dan
sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program kebutuhan
keahlian yang diinginkan oleh dunia Industri. Bentuk rekapitulasi nilai
siswa pada mata pelajaran komputer pada tahun ajaran 2002/2003
A. Ketiklah naskah teks tersebut menggunakan program MS Word, dengan ketentuan :
a) Jenis kertas = A4
b) Jenis huruf (font) = Arial
c) Ukuran huruf (font) = 12
d) Jarak baris ketikan = 2 spasi
e) Tata letak teks = rata penuh
f) Batas atas ketikan = 4 cm, batas kanan = 3 cm, batas kiri= 4 cm dan batas bawah = 3 cm.
52
Komputer Hak cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan DEPDIKNAS
27
Pedoman Penskoran :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar